Thursday, December 21, 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAN (RPP) SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Kelas/semester
          : 1/1
Tema 2/subtema 1
       : Kegemaranku /Gemar Bernyanyi dan Menari
Pertemuan ke              : 5
Alokasi Waktu            : 5 X 35 Menit (1 hari)

     I.            Kompetensi  Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam
     berinteraksidengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.  
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
     membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
     Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan
     tempat bermain.    
 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
     karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
     yang mencerminkan  peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.


A.    ..Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang  dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk  membantu penyajian

Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

4.8 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban

PPKn
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
4.3 Mengamati dan menceritakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah

SBdP
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu

B.     Indikator Pembelajaran
Bahasa indonesia
> Mengikuti arahan guru dalam melakukan permainan
>Mengemukakan pendapat secara lisan tentang pengalaman mengikuti permainan

        Matematika  
        >Mengidentifikasi pasangan bilangan dengan jumlah tertentu
        >Menentukan pasangan bilangan dengan jumlah yang ditentukan

PPKn
>
Bekerja sama untuk melakukan permainan tradisional
>. Mengikuti aturan dalam melakukan permainan

Tujuan Pembelajaran
 1.
Dengan mengikuti arahan guru, siswa mampu melakukan permainan ‘Cublak- Cublak Suweng’  .  dan   Ampar-Ampar Pisang’ secara berkelompok.
 2.Dengan permainan, siswa mampu melakukan gerak non-lokomotor dengan benar.
  3. Setelah bermain, siswa mampu mengemukakan pendapat tentang permainan yang
      dilakukan secara lisan.
4.Dengan permainan siswa mampu menentukan pasangan bilangan dengan jumlah tertentu secara tepat


C.    Materi  Pembelajaran                        :  >Bermain Sambil Bernyanyi
                                                             
   > Keluarga Bilangan



D.    Pendekatan dan Metode..        :
1. Pendekatan   : Scientific
2. Model           : Kooperative learning
3. Type             : Example Non Example
4. Metode         : Ceramah, Tanya jawab, diskusi



E.     Kegiatan pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

Diskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Kegiatan Pendahuluan















·         Mengajak semua siswa berdo’a
·         Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada siswa.
·         Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa / mengabsen.
·         Memotivasi siswa dengan bernyanyi “ selamat pagi guru”
·         Tanya jawab tentang syair lagu.
·         Meminta informasi pada siswa tentang piket hari ini, dan memberikan apresiasi  pada siswa yang bertugas piket jika ruangan belajar terasa nyaman.
·         Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran hari ini dengan pembelajaran yang lalu.

·         Menyampaikan Tema dan sub tema yang akan diajarkan yaitu tentang tema “kegemaranku”, dengan sub tema “gemar menari dan bernyanyi”

·         Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung


15 menit
Kegiatan Inti











































































·         Guru mengenalkan lagu-lagu daerah berikut: Siswa dikenalkan dengan lagu Cublak     Cublak Suweng dari Jawa Tengah dan Ampar-ampar Pisang dari Kalimantan,

·         Siswa dikenalkan dengan permainan Cublak Cublak Suweng. Berikut ini aturan permainannya:
− Salah satu siswa duduk bersujud dengan menutup mata.

− Siswa-siswa yang lain membuka telapak tangannya
di atas punggung seorang siswa sambil menyanyikan
Cublak Cublak Suweng

− salah satu siswa memegang satu batu dan menjalankan batu tersebut diatas tangan teman-temannya secara bergantian
.
− Ketika lagu selesai dinyanyikan batu diletakkan di atas tangan seorang siswa.

− Lalu semua siswa menggenggam tangan sambil
menggoyang-goyangkannya dan menyanyikan sir..sir.. pong....dele gopong berkali-kali
.
− Siswa yang bersujud bangun dan menebak di tangan siapa batu tersebut disimpan.

− Jika tebakannya tepat maka siswa yang memegang batu menggantikan siswa yang duduk bersujud.

− Jika tebakannya salah maka yang menebak kembali duduk bersujud untuk bermain Cublak Cublak Suweng dari awal.

− Permainan Cublak-Cublak Suweng efektif jika pesertanya berjumlah 5-7 siswa.

·         Siswa juga dikenalkan dengan permainan ampar-ampar  pisang . Berikut ini aturan permainannya.
− Siswa duduk di lantai dengan rapi dan kaki di luruskan ke depan.

− Seorang siswa memandu permainan dengan menyanyikan lagu ampar-ampar pisang sambil bergantian menyentuh kaki semua anak
.
− Kaki terakhir yang disentuh ketika lagu selesai
dinyanyikan maka kaki itulah yang dilipat atau tidak
diikutkan dalam nyanyian berikutnya.

− Permainan terus dilanjutkan hingga tersisa satu kaki yang tidak dilipat. Kaki
itulah yang menjadi pemenangnya
.
·         Siswa dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama melakukan permainan”Cublak Cublak Suweng”. Kelompok kedua melakukan permainan “Ampar Ampar Pisang”.

·         Selanjutnya guru memandu siswa untuk mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang ada pada buku siswa.

·         Siswa masih berada pada kelompok bermainnya masing-masing. Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan menuliskannya

·         Guru menjelaskan dalam sebuah pergelaran musik , bisa diatur menjadi dua kelompok, yaitu peniup suling dan pemain gitar.
·         Guru meminta 12 siswa ke depan kelas

− Guru bertanya pada siswa, Jika pemain suling terdiri dari 6 siswa, berapa jumlah siswa pemain gitar?

− Siswa diminta berhitung sampai 6 lalu memisahkan
diri dari barisan semula. Kelompok ini adalah
peniup suling.

− Guru bertanya pada siswa, berapa jumlah siswa
pemain gitar?

− Siswa diminta menjawabnya.
− Guru menuliskan di papan tulis.46

140 menit

Kegiatan Penutup


·         Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.

·         Melakukan penilaian hasil belajar.

·         Guru memberikan penghargaan bagi semua
kelompok, dan mengumumkan kelompok terbaik.

·         Melakukan Refleksi
·         Guru menyampaikan pesan-pesan moral.
·         Guru memberikan PR









20 menit

F.     ..Sumber Belajar                      :  Buku tematik kelas IV,
G.    Media/alat                   :  LKS, Baku kerikil, kertas HVS

Instrumen Penilaian
1. Prosedur Penilaian
 Penilaian proses                      : Menggunakan format pengamtan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak                                                                                                                                                                                             dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.

Penilaian Hasil Belajar            : Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis


2. Intrumen Penilaian
Penilaian Proses                      : 1) Penilaian Kinerja
                                                 2) Penilaian Produk
Penilaian Hasil belajar             : ESSAY

Penilaian Hasil belajar
soal tes lisan :
coba kamu jawab pertanyaan ini :

1.  Apakah kamu senang menyanyikan lagu daerah?
2. Lagu daerah apa yang kamu sukai?
3. Lagu daerah apa saja yang kamu ketahui?
4. Apa nama lagu daerahmu?



Keterangan skor :
skor penilaian tiap butir : 2,5
skor maksimal : 10
 


Penilaian: Unjuk Kerja
A.    Rubrik: Kegiatan Melakukan Permainan Tradisional sambil Bernyanyi
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1

sKetepatan aturan
Main



Kelompok mampu
menjalankan
urutan permainan
dengan tepat

Kelompok
melakukan 1-2 kali
kesalahan urutan
permainan


Kelompok
melakukan 3-4
kali kesalahan
urutan permainan

Kelompok belum
mampu mengikuti
aturan permainan

Penguasaan lagu

Kelompok mampu
menghafal seluruh
syair lagu,
Irama tepat

Kelompok mampu
menghafal seluruh
syair lagu,
Irama kurang
tepat atau
sebaliknya

Kelompok
hanya mampu
menghafal
sebagian kecil
syair lagu

Kelompok
belum mampu
menghafal syair
lagu



..Penilaian Rubrik:
 Kegiatan Melakukan Permainan Tradisional sambil Bernyanyi setiap siswa
No.
Nama

Kriteria
BS
B
C
PB
1.

Ipah




2.
Fanny




3.
Fitri




4.
Arul















Penilaian sikap
Penilaian sikap (Percaya Diri, Kerja sama, Disiplin)
No
Sikap
Belum terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
Keterangan
1
Percaya diri





2
Disiplin





3
Kerja Sama







 Lembar Kerja Siswa
.......................
........................
..................





Mengetahuai                                                                                      SIMULATOR
Instruktur..,                            

(Dra. Nurhaidahs. M.Pd)                                        
                           (Joni Amanda)
NIP :                                                                                                   1106104040046










No comments:

Post a Comment