RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Identitas
Sekolah : Sekolah Dasar
Kelas/Semester : I/1
Tema/Sub
Tema : Kegemaranku / Gemar
Bernyanyi dan Menari
Pertemuan
Ke : 4
Alokasi
Waktu : 6 X 35 menit
A.
..Kompetensi
Inti
1. Menerima,
Menjalankan, dan Menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami
pengetahuan factual dengan cara mengamati( mendengar, melihat,membaca) dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,makhluk ciptaan tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak yang beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
Bahasa
Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota
tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif
tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa
siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PPKn
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
4.3 Mengamati dan menceritakan kebersamaan
dalam keberagaman di rumah dan sekolah
SBdP
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah
garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.9 Melakukan gerak kepala, tangan, kaki, dan
badan berdasarkan pengamatan alam di lingkungan sekitar
4.14 Membuat karya kreatif dengan mengolah
bahan alam melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel bentuk pola dan
alur sederhana
C.
..Indikator
Bahasa
Indonesia
• Mendengar isi teks yang dibacakan guru
• Menceritakan kembali isi teks yang didengar
dengan lancar
• Menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai isi
teks yang didengar
• Mengidentifikasi gambar yang sesuai dengan
isi teks
PPKn
• Melaksanakan tata tertib dalammengikuti
kegiatan menari
• Menunjukkan sikap kerja sama dalam kegiatan
• Menjelaskan melalui tulisan laporan tentang
pemanfaatan sumber energi angin dan air, dalam kehidupan.
SBdP
• Mempraktikkan gerakan tarian yang dicontohkan
guru dengan benar
• Mewarnai gambar tarian dengan rapi
D. Tujuan
Pembelajaran:
• Dengan mendengarkan cerita guru tentang macammacam tarian
tradisional, siswa mampu menceritakan kembali isi teks cerita dengan benar.
• Dengan menirukan guru, siswa mampu mempraktikkan gerakan tari
daerah yang dipelajari dengan lancar dan percaya diri.
• Setelah
memperhatikan gambar, siswa mampu mewarnai gambar dengan rapi.
E.
Materi
Pembelajaran:
Mengenal
tari daerah dan mewarnai gambar
F.
..Pendekatan
:
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Cooperative
Learning
3. Type : Exsample non exsample
4. Metode : Ceramah, Tanya jawab, pemberian
tugas dan Diskusi.
G.
..Sumber dan Alat Bantu Pembelajaran:
Sumber Belajar : Buku tematik kelas IV, Guru,
lingkungan
Media/Alat : Krayon, pensil warna dan
gambar tarian daerah
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DEKSKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Kegiatan Pembuka
|
·
Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
·
Guru mengajak siswa berdo’a sebelum membuka
pelajaran
·
Melakukan pengelolaan kelas dengan menanyakan
kehadiran siswa
·
Apersepsi
dengan cara membuat kaitan materi mengelompokkan alat musik dengan mengenal
tarian
·
Menyampaikan tema dan sub tema yang akan
dibelajarkan yaitu tema” Kegemaranku dan Sub Tema tentang “Gemar Bernyanyi dan Menari”
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
setelah pembelajaran berlangsung.
·
|
6
x 35 menit
|
Kegiatan Inti
|
·
Siswa mendengarkan guru membaca teks di buku.
·
Guru mengenalkan beberapa tarian daerah yang ada
di buku siswa.
·
Guru bertanya kepada siswa, “Siapa yang suka
menari?”, “Tarian apa yang kamu bisa?”, “Coba peragakan salah satu gerakan
tarian yang kalian bisa!”
·
Guru mengajarkan tarian tradisional setempat
dengan gerakan-gerakan sederhana
·
Gerakan diajarkan bertahap agar memudahkan siswa
dalam melakukan gerakan tari tersebut.
·
Lakukan berulang-ulang sehingga siswa dapat
·
Guru
menyuruh siswa melakukan gerakan tari didepan kelas satu per satu seperti
gerakan yang diajarkan.
·
Guru
membagikan siswa menjadi 2 atau 3 kelompok
·
Guru
membagikan lembar Kerja siswa memasangkan gambar tarian dengan daerah asalnya
·
Siswa
berdiskusi bersama kelompok masing-masing ,hasil
diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas.
·
Guru
menyuruh tiap kelompok diberi kesempatan
membaca hasil diskusinya dan memperagakan gerakan sesuai dengan gambar
·
Guru meminta siswa membuka buku pelajarannya
·
Siswa diminta untuk memperhatikan gambar penari
Tari Saman.
4. Guru menyuruh siswa untuk
mewarnai gambar tersebut, kemudian dikumopulkan dan dinilai guru menjadi
portofolio anak.
|
|
Kegiatan Penutup
|
·
Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
·
..Melakukan penilaian hasil
belajar/evaluasi.
·
Melakukan refleksi
·
Menyampaikan pesan moral belajar.
·
Guru menyuruh siswa belajar di
rumah bersama orang tua mengumpulkan informasi tentang tarian daerah
setempat.
·
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
|
I.
PENILAIAN
:
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian hasil belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan
tes lisan (instrument terlampir)
2. Istrument
penilaian
a. Penilaian
proses :
1. Penilaian
kenerja
2. Penilaian
produk
b. Penilaian
hasil belajar
Essay
(uraian)
Istrumen Penilaian
Penilaian kinerja/unjuk kerja
1. Rubrik
mempraktikkan gerakan tari
Kriteria
|
Bagus Sekali
4
|
Bagus
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1. Kelancaran
Gerakan
|
Siswa mampu
melakukan
seluruh gerakan
tarian dengan
lancer
|
Kurang lebih
setengah dari
keseluruhan
gerakan tari
dilakukan dengan
lancar
|
Terlihat kaku
dalam melakukan
gerakan
tari
|
Belum mampu
melakukan
gerakan
tari
|
2.
Kepercayaan diri dalam menari
|
Tidak terlihat
ragu-ragu
|
Terlihat ragu-ragu
|
Memerlukan
bantuan guru
|
Belum terlihat
kepercayaan diri.
|
Catatan: Centang () pada
bagian yang memenuhi kriteria.
X
Keterangan skor :
1.
Kurang
2.
Cukup
3.
Baik
4.
Sangat
Baik
Skor
maksimal = 8
Penilaian kinerja mewarnai gambar tari
2. Rubrik kegiatan mewarnai
Kriteria
|
Bagus Sekali
4
|
Bagus
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1. Jumlah warna
yang digunakan
|
Menggunakan 4
atau lebih warna
|
Menggunakan 3
warna
|
Menggunakan 2
warna
|
Menggunakan 1
warna
|
2. Luas bidang
Pewarnaan
|
Pewarnaan
memenuhi seluruh
bidang gambar
|
Pewarnaan
memenuhi
setengah atau
lebih bidang
gambar
|
Pewarnaan
memenuhi kurang
dari setengah
bidang gambar
|
Siswa belum
mampu mewarnai
|
Catatan: Centang () pada
bagian yang memenuhi kriteria.
X
Keterangan skor :
1.
Kurang
2.
Cukup
3.
Baik
4.
Sangat
Baik
Mengetahui, Inggris, 23 Desember 2013
Dosen pembimbing, An.
Mahasiswa
Simulator
Dr. Super Man Rambo 2
( NIP : 190000000000000002 ) ( NIM : 11061040400050 )
No comments:
Post a Comment