BAB
I
PENDAHULUAN..
A. LATAR BELAKANG
Pendidikan, adalah alat atau sarana
bagi manusia untuk mengembangkan keilmuan dan pengetahuan, oleh karena itu
pendidikan diharapkan memiliki standard dan dasar-dasar yang tertata,
dikurikulumkan, dan jelas teori-teori dan konsep-konsep pendidikan yang
diharapkan adalah konsep dan teori yang relepan dengan keadaan yang berlaku.
Islam, telah datang dengan teori dengan konsep yang memiliki
syarat, tertata, dan dikurikulumkan. Adapun teori dan konsep yang baik dari
Islam antara lain Al-Qur’an, Al-Hadits atau As-Sunnah, dan ra’yu. Al-Quran dan
Al-Hadits merupakan pondasi dan tiang yang sangat kokoh dalam pendidikan, dan
ra’yu sebagai pelengkap dan memperindah dunia pendidikan Islam. Jadi, untuk
menuju pendidikan yang baik kita harus memiliki pendidikan yang memiliki dasar
seperti Al-Quran, Hadits, dan ra’yu.
B. ..RUMUSAN MASALAH
1.
Memberikan pengertian tentang
dasar-dasar pendidikan Islam.
2.
Menjelaskan tujuan pendidikan islam..
C. TUJUAN
1.
Untuk memahami Defenisi Pendidikan.
2.
Untuk memahami Dasar Pendidikan.
3.
Untuk memahami Tujuan Pendidikan
BAB
II
PEMBAHASAN
DASAR
DAN TUJUAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM
A. ..DASAR ILMU PENDIDIKAN ISLAM
Dasar pendidikan adalah pondasi atau landasan yang
kokoh bagi setiap masyarakat untuk dapat melakukan perubahan sikap dan tata
laku dengan cara berlatih dan belajar dan tidak terbatas pada lingkungan
sekolah, sehingga meskipun sudah selesai sekolah akan tetap belajar apa-apa
yang tidak ditemui di sekolah. Hal ini lebih penting dikedepankan supaya tidak
menjadi masyarakat berpendidikan yang tidak punya dasar pendidikan sehingga
tidak mencapai kesempurnaan hidup. Apabila kesempurnaan hidup tidak tercapai
berarti pendidikan belum membuahkan hasil yang menggembirakan. Dasar atau
landasan pendidikan dapat dilihat dari berbagai segi yaitu :
-pandangan
Islam
1. Al-qur’an,
merupakan pedoman tertinggi yang manjadi petunjuk dan dasar kita hidup di
dunia. Dalam Al-qur’an kita bisa menemukan semua permasalahan hidup termasuk
pendidikan dan ilmu pengetahuan,yang banyak sekali ilmu yang terkandung di
dalam nya.
2. Hadist,
merupan pedoman kita setalah Al-qur’an, dengan demikian hadist juga merupakan
dasar atau elemen dalam pendidikan.
3. Nilai-nilai
Sosial kemasyarakatan
yang tidak bertentangan dengan Al-qur’an dan Hadist.
-Secara
Umum
1. Religius
Merupaken
elemen atau dasar pendidikan yang paling pokok, disini ditanamkan nilai nilai
agama islam (iman, akidah dan akhlak) sebagai suatu pondasi yang kokoh
dalam pendidikan.
2. Ideologis
Yaitu
mengacu kepada ideologi bangsa kita yakni nya pancasila dan berdasarkan kepada
UUD 1945. Dan intinya adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
3. Ekonomis
Pendidikan
bisa dijadikan sebagai suatu langkah untuk mendapatkan kehidupan yang layak dan
keluar dari segala bentuk kebodohan dan kemiskinan.
4. Politis
Lebih
mengacu kepada suasana politik yang berlansung.
5. Teknologis
Dunia
telah mengalami eksplosit ilmu pengetahuan dan teknologi. Dan bisa dikatakan
teknologi sangat memiliki peran dalam kemajuan dunia pendidikan.
6. Psikologis
dan Pedagogis
Tugas
pendidikan sekolah yang utama adalah mengajarkan bagaimana cara belajar,
mendidik kejiwaan, menanamkan motivasi yang kuat dalam diri anak untuk belajar
terus-menerus sepanjang hidupnya dan memberikan keterampilan kepada peserta
didik, mengembangkan daya adaptasi yang besar dalam diri peserta didik.
7. Sosial
Budaya
Mengacu
kepada hubungan antara individu dengan individu lainnya dalam suatu lingkungan
atau masyarakat. Begitu juga hal nya dengan budaya, budaya masyarakat sangat
berperan dalam proses pendidikan, karena budaya identik dengan adat dan
kebiasaan. Apabila sosial budaya seseorang itu berjalan baik maka pendidikan
akan mudah.
B.
..TUJUAN
ILMU PENDIDIKAN ISLAM
Tujuan ialah suatu yang diharapkan tercapai setelah
sesuatu usaha atau kegiatan selesai.[1]
Tujuan harus bersifat stasioner artinya telah mencapai atau meraih segala yang
diusahakan. Misalnya, saya berniat melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi maka
setelah niat itu terlaksana, berarti tujuan telah tercapai. Adapun untuk meraih
tujuan tersebut dilakukan berbagai usaha merupakan ikhtiyar maqsudi, upaya mencapai maksud.[2]
Dari sekian banyak tujuan pendidikan Islam, ada
beberapa tujuan pendidikan Islam yang dapat disistematisasi sebagai berikut:[3]
1. Terwujudnya
insan akademik yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt.
2. Terwujudnya
insan kamil, yang berakhlakul karimah.
3. Terwujudnya
insan muslim yang berkepribadian.
4. Terwujudnya
insan yang cerdas dalam mengaji dan mengkaji ilmu pengetahuan.
5. Terwujudnya
insan yang bermanfaat untuk kehidupan orang lain.
6. Terwujudnya
insan yang sehat jasmani dan rohani.
7. Terwujudnya
karakter muslim yang menyebarkan ilmunya kepada sesama manusia.
Untuk
mewujudkan tujuan di atas, pendidikan Islam harus memiliki lembaga pendidikan
yang berkualitas dengan dilengkapi oleh sumber daya pendidik yang kompeten.
Dalam
istilah ushuliyah dinyatakan bahwa: “al-umuru bi maqashidiha”, bahwa setiap
tindakan dan aktivitas harus berorientasi pada tujuan atau rencana yang telah
ditetapkan. Istilah ini menunjukkan bahwa pendidikan seharusnya berorientasi
pada tujuan yang ingin dicapai, bukan semata-mata berorientasi pada sederetan
materi. Karena itulah, tujuan pendidikan Islam menjadi komponen pendidikan yang
harus dirumuskan terlebih dahulu sebelum merumuskan komponen-komponen
pendidikan yang lain.[4]
Secara praktis, Muhammad Athiyah al-Abrasyi,
menyyimpulkan bahwa tujuan pendidikan Islam terdiri atas 5 sasaran, yaitu:
1. Membentuk
akhlak mulia.
2. Mempersiapkan
kehidupan dunia dan akhirat.
3. Persiapan
untuk mencari rizki dan memelihara segi kemanfaatannya.
4. Menumbuhkan
semangat ilmiah di kalangan peserta didik.
5. Mempersiapkan
tenaga profesional yang trampil.[5]
BAB
III
PENUTUP...
Dasar pendidikan menurut islam
fokus kepada Al-qur’an dan hadist sedang secara umum dasar pendidikan juga
lebih menitik beratkan ke dasar religius.
Tujuan Pendidikan baik secara
islam dan umum hampir memiliki kesamaan yaitu mendapatkan kesuksesan. Apabila
digabungkan maka tujuan pendidikan adalah upaya untuk meraih kesuksesan hidup
di dunia dan akherat.
Pendidikan merupakan salah satu
kebutuhan pokok dalam hidup manusia. Untuk mendapatkan pendidikan yang baik
maka perlu adanya pemahaman terhadap dasar dan tujuan pendidikan secara
mendalam baik secara islam maupun secara umum.
[1] Zakiah
Daradjat, dkk, ilmu Pendidikan Islam,
(Jakarta: Bumi Aksara, 2009) h. 29.
[2] Beni
Ahmad Saebani dan Hendra Akhdiyat, Op.cit.,
h. 146.
[3] Ibid. hal. 147
[4] Abdul
Mujib dan Jusuf Mudzakkir, Op.Cit., h.
71.
[5] Mohammad
Athiyah al-Abrasyi, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Terj, Bustami A. Gani
dan Djohar Bahry, (Jakarta : Bulan Bintang,1984),h. 1-4
No comments:
Post a Comment